Selamat Datang

Pengikut

materi kelas 8 : Edit Data , Menyalin Data (Copy) dan cut

Kamis, 10 Februari 2011


Edit Data

Dalam materi edit data ini, kita akan membahas bagaimana caranya menyalin data (copy), memindahkan data (cut), menyisip baris dan kolom (insert), menghapus baris dan kolom (delete) dan bagaimana caranya memberi bingkai dari data yang kita buat.
é Sorotlah terlebih dahulu sel/range yang akan di salin.

 Menyalin Data (Copy)

Menyalin data yang ada pada suatu sel/range dapat dilakukan dengan dua cara:
1. Menggunakan perintah Copy  é Pindahkan penunjuk sel ke lokasi yang dinginkan. éPilih dan klik menu Edit, Copy atau cukup dengan menekan tombol Ctrl+C.  Pilih dan klik menu Edit, Paste atau dengan menekan tombol Ctrl+V. 2. Menggunakan Mouse Perhatikan tabel berikut:
Asumsi jumlah barang sama. 1. Sorotlah sel/range yang akan di salin, sebagai contoh sel d3.

2. Arahkan penunjuk mouse ke Fill Handle (perhatikan tabel) sehingga beubah menjadi tanda plus (+), agak kecil ukurannya dengan yang sebelumnya.

3. Klik, jangan dilepas, dan geserlah penunjuk mouse tersebut ke sel yang yang dituju. Untuk contoh diatas sel D6, baru tombol mouse dilepaskan.
Dengan cara yang sama kita juga bisa melakukan proses penyalinan rumus. Lihat tabel, Sel F3 merupakan hasil perkalian dari sel D3 dengan sel E3. Lakukan proses penyalinan data seperti diatas. Mudah bukan !!!.

Memindahkan Data (Cut)

   Seperti menyalin data diatas, kita juga dapat memindahkan data dengan dua cara, yaitu ;
1. Menggunakan Perintah Cut  éSorotlah terlebih dahulu sel/range yang akan dipindahkan.  éPilih dan klik menu Edit, Cut atau cukup dengan menekan tombol Ctrl+X  éPindahkan penunjuk sel ke lokasi yang dinginkan.  éPilih dan klik menu Edit, Paste atau dengan menekan tombol Ctrl+V.
2. Menggunakan Mouse Perhatikan kembali tabel diatas. Kita akan memindahkan tabel diatas, ke sel B10.  éSorotlah terlebih dahulu sel/range yang akan di salin. Sebagai contoh sorotlah range B2:F6.  éArahkan penunjukan mouse ke tepi kanan dari data yang disorot tadi. (tepi kanan kolom F, harus pada range yang disorot).  Geserlah penunjuk mouse tersebut ke sel B10, maka otomatis data yang disorot tadi akan berpindah.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar