Selamat Datang

Pengikut

materi kelas 9 : komputer

Senin, 14 Februari 2011

A. Pengertian Komputer...
Komputer berasal dari kata compute yang artinya menghitung. Artinya setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Kesimpulan segala sesuatu yang di lakukan oleh komputer ialah dari penghitungann secara elektronik. Fungsi dari komputer ialah sebagai alat bantu untuk menulis,menggambar, menyuting gambar atau foto,membuat animasi,mengoprasikan program analisis ilmiah,simulasi, dan untuk kontrol peralatan. Awalnya komputer adalah peralatan yang besar dan mahal tapi semakin berkembang nya zaman dan semakin canggih tekhnologi maka akhir-akhir ini telah di ciptakan mobile PC yang sering di kenal dengan laptop atau notebook.
1. Jenis-Jenis Komputer
a. Superkomputer
Merupakan komputer yang memiliki kecepatan proses paling hebat. Biasanya di gunakan untuk mengangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks.
b. Mainframe atau Komputer Besar
Adalah komputer yang sangat besar dengan kecepatan 50 sampai 20.000 MFLOPS. Hargnya pun sangat mahal dan ukuran nya sampai lebih dari 1 ruangan. Kegunaan nya adalah untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar.
c. Minicomputer atau komputer kecil
Sering disebut dengan sistem Midrange, merupakan mesin besar yang berdaya guna.
d. Workstation atau terminal kerja
Merupakan mesin yang powerfull. Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan unuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit dengan kecepatan 50-500MLOPS.
e. Dikenal dengan personal computer,merupakan komputer yang murah dan di buat secara massal. Biasanya memakai DOS,Windows, atau sistem operasi yang sejenis. Di bedakan menjadi :
i. Detskop PC
ii. Tower PC
iii. Notebook
iv. Palmtop
v. PDA (Personal Digital Assistant)
vi. Laptop
f. Mikrokontroler
Mikrokontroler disebut juga Embedded Computer, yaitu suatu Mikroprosesor yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada perlatan elektronik cerdas,mobil, maupun lift. Keunggulan dari mikrosop ini adalah membuat peralatan dapat diprogram.
2. Personal Computer dan Komponen Pendukungnya
Personal computer terdiri dari beberapa pendukung utama. Ialah sebagai berikut;
a. Monitor
b. Keyboard
c. Mouse
d. Casing
e. Speaker
f. Printer
g. Scanner
3. Merangkai Console System Unit,Monitor,Keyboard,dan Mouse
Hal pertama yang harus di kuasai untuk merangkai suatu sistem komputer adalah memehami bentuk dan kegunaan port-port di bagian belakang dari casing. Yang berfungsi untuk menghubungkan anara komponen-komponen di dalam unit sistem dengan piranti di luar. Pengelompokan port pada komputer;
a. port serial
b. port parallel
c. port USB
d. port SCSI
e. port infrared
f. port lain-lain
nama-nama port pada komputer;
a. port power input
b. port power output
c. kipas casing
d. port keyboard
e. port mouse
f. port VGA
g. port serial
h. port paralel
i. port USB
j. port RJ 45
k. port suara (audio)
l. kipas casing
m. slot tambahan

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar