Selamat Datang

Pengikut

materi kelas 9 : AUTHENTICITY MENGGUNAKAN ENKRIPSI KONVENSIONAL

Senin, 14 Februari 2011

AUTHENTICITY MENGGUNAKAN ENKRIPSI KONVENSIONAL
Metode enkripsi konvesional adalah salah satu cara untuk melakukan suatu proses data yang otentik sederhana . jika kita mengasumsikan bahwa pengirim dan penerima saling berbagi kunci, maka hanya pengirim yang asli akan dapat dengan sukses mengekripsi pesan yang diterima dari partisipan yang lain . lebih jauh lagi jika pesan menyertakan deteksi kesalahan , urutan nomor , penerima dijamin bahwa tidak ada perubahan dan urutan itu juga betul . jika pesan menyertakan time stamp , tanda waktu , penerima juga dijamin bahwa pesan tidak ditunda diluar harapan yang normal untuk transmisi jaringan .

2.1. Istilah Yang Sering Digunakan
Kita perlu mengenal istilah - istilah dalam enkripsi konvensional, terutama yang berkaitan dengan authenticity. Hal ini memudahkan bagi kita untuk mengetahui bagaimana teknik enkripsi konvensional maupun kunci publik ini digunakan dalam system keamanan data (keaslian data) pada jaringan komputer yaitu :

conventional cryptography
suatu metode enkripsi dimana suatu kunci digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi suatu plain text .
cryptography
ilmu pengetahuan yang mempelajari pengacakan text sehingga tidak seorangpun yang dapat mengetahuinnya kecuali bila ia tahu kode yang digunakan untuk mendechifernya .
enchipher/encrypt
pengacakan dari suatu informasi .
deciphe.
mengembalikan informasi yang telah diacak menjadi bentuk informasi yang semula
plain text
text yang akan dienkripsi
key / kunci
kode yang digunakan untuk melakukan enchiper dan atau dechiper suatu text . Dalam kriptografi konvensional , kunci yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi adalah sama . Dalam publik – key cryptografi, konvensional kunci yang digunakan untuk eukripsi dan dekripsi adalah sama . Dalam publik – key cryptografi , kunci untuk enkspresi dan dekripsi berbeda
publik – key cripto
suatu system yang menggunkan dua kunci , yaitu kunci publik dan kunci rahasia yang lebih baik dan lebih praktis dibandingkan dengan conventional cripto
algorithm/algoritma
algorithm adalah program cripto apa yang digunakan untuk melakukan enkripsi ia bukanlah sutu kunci , tetapi menghasilkan kunci . suatu algoritma yang kuat / bagus akan menghasilkan cripto yang kuat.
passphrase
suatu word atau phrase , atau bahkan hanya karakter acak yang digunakan PGP untuk mengindentifikasi seseorang sebagai person diinginkan oleh orang tersebut.
suatu passphrase sebaiknya lebih dari satu word dan jangan pernah membuat passphrase yang dapat disebut orang lain , seperti nama , nama tengak , binatang kesayangan , nama anak , alamat dsb . suatu passphrase yang ideal adalah setengah dari baris teks atau lebih dari tiga word dan mengandung hal-hal berikut : proper name , suatu slang atau vulgar word dan irreguler capitalization , contoh : the , benny dll . sifat lain dari passphrase adalah ia harus mudah diteliti secara cepat , tanpa error , dan tanpa perlu melihatnya pada layar .
kunci publik
suatu kunci yang memiliki sifat sebagai berikut : mempunyai suatu lionelisa , berbeda dari yang lain , didistribusikan dalam jumlah besar , melalui banyak chanat , secure atau insecure .
kunci rahasia
suatu kunci yang hanya dimiliki oleh satu orang saja dan tidak pernah diperlihatkan kepada publik .
ascii armor / radix – 64
Suatu format yang digunakan PGP untuk menkonversi defaut bynasi clipertext yang tidak dapat ditrasfer melalui jaringan , menjadi suatu bentuk ascil yang dapat dikirimkan melalui e-mail atau usenet .

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar