Selamat Datang

Pengikut

materi kelas 9 : Operasi Dasar Komputer

Senin, 14 Februari 2011

Operasi Dasar Komputer


Komputer merupakan alat bantu bagi manusia untuk menyelesikan pekerjaannya. Unit computer terdiri dari bagin-bagian pemakai (user atau brainwere), perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software).

A. Pengertian Komputer

Istilah komputer berasal dari kata compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh computer merupakan proses matematika hitungan.

1. Jenis-jenis komputer

a. Superkomputer
superkomputer merupakan jenis computer yang memiliki kecepatan peroses paling hebat. Biasanya digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya peramalan cuaca dan perancang roket.

b. Mainframe atau Komputer Besar
Mainframe adalah komputer yang sangat besar dengan kecepatan 50 sampai 20.000 MFLOPS. Kegunaannya adalah menangani pemerosesan data dengan volume yang sangat besar. Contohnya computer ini adalah IBM S/390.

c. Minicomputer atau komputer kecil
minicomputer sering disebut dengan system Midrange, merupakan mesin besar yang berdaya guna (powerfull). Memiliki kecepatan 3-1.000 MLOPS. Contoh computer ini adalah IBM AS / 400.

d. Workstation atau terminal kerja
Workstation merupakan mesin yang powerfull.komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit dengan kecepatan 50-500MLOPS. Komputer ini menggunakan system operasi UNIX atau NT. Komputer jenis ini dilengkapi dengan prosesor RISC Yang powerfull seperti digital alpha / MIPS.

e. Mikrokomputer
Mikrokomputer lebih dikenal dengan personal computer peribadi, merupakan komputer yang murah dan dibuat secara banyak, dengan kecepatan 1-50MLPOS. Mikrokomputer dibedakan menjadi Desktop PC, Tower PC, Notebook, Palmtop, PDA, dan Laptop.



f. Mikrokontroler
Mikrokontroler disebut juga Embedded Computer, yaitu suatu mikroprosesor yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan elektronik cerdas, mobil, maupun lift. Keunggulan dari mikrokontroler ini adalah membuat peralatan dapat diperogram.


2. Personal Computer dan Komponen Pendukungnya

Komponen-komponen perangkat pendukung sebuah personal computer terdiri dari beberapa pendukung-pendukung utama sebagai berikut.

a. Monitor
b. Keyboard
c. Mouse
d. Casing
e. Speaker
f. Printer
g. Scanner

3. Merangkai Console System Unit, Monitor, Keyboard, dan Mouse

Memasang kabel-kabel sehingga computer dapat dinyalakan :
a. Pasang kabel keyboard ke dalam konektor PS/2 sebelah kiri (berwarna ungu),
pergatikan juga bawah letak ujung kabel keyboard dan konektor PS/2 harus
sesuai.
b. Lanjutkan memasang konektor mouse
c. Pasang kabel power yang digunakan untuk menghubungkan computer dengn
konektor listrik.
d. Pasang kabel monitor pada konektor power supply.
e. Llanjutkan dengan memasang kabel monitor kedalam konektor kartu video.
f. Kuncilah konektor APG dengan cara memutar sekrup yang berbentuk selinder
di bagian atasdan bawah ujung kabel monitor.
g. Apabila ada, pasanglah konektor suara dari speaker kedalam konektor line out.

Untuk menghindari adanya kejutan listrik atau tegangan yang tidak setabil dn juga digunakan untuk menghindari adanya pemadaman listrik yang mendadak. Peralatan tersebut antara lain sebagai berikut.

a. Pelindung kejutan
Pelindung kejutan (surge protector atau kadang dissebut surge surpressor)
merupakan peralatan yang berfungsi untuk melindungi computer dari lonjakan tegangan yang walaupun sesaat dapat merusak berbagai peralatan elektronik, termasuk computer.

b. Regulator Tegangan

Regulator Tegangan (voltage regulator) adalah peralatan yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik, terutama berguna jika tegangan listrik dari sumber listrik tiba-tiba menurun.

c. UPS

UPS (Uninteruptible Power Supply) adalah peralatan yang memiliki baterai yang dapat menggantikan sumber daya listrik utama ketika sumber listrik tersebut mrngalami kegagalan.



B. Praktik Menggunakan Komputer

Dalam menggoprasikan komputer ada beberapa hal yang harus di perhatkan, yaitu sebagai berikut.

1. Menghidupkan dan mematikan komputer harus dilakukan secara benar
2. Berilah komputer jeda waktu kira-kira 15-30 detik untuk istirahat pada saat komputer dimatikan kemudian akan dihidupkan kembali berilah computer waktu beberapa saat untuk menyelesaikan proses booting
3. jangan tergesa-gesa

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar