Selamat Datang

Pengikut

materi kelas 9 : KEAMANAN DATA DENGAN KONSEP AUTHETICITY

Senin, 14 Februari 2011

KEAMANAN DATA DENGAN KONSEP AUTHETICITY

PENDAHULUAN
Internet sebagai jalan raya informasi (The information highway) telah memberi perubahan yang sangat besar terhadap aspek dalam kehidupan manusia. Teknologi jaringan internet menawarkan banyak sekali keuntungan dan pada saat yang sama juga dapat menjadi ancaman , misalnya saja terhadap hak atas kekayaan intelektual dan terhadap kerahasiaan data (data pribadi, data perusahaan, data organisasi) setiap pengguna internet. Hal ini tidak lain adalah akibat semakin banyaknya situs-situs internet yang mengumpulkan data-data pribadi, data organisasi dari setiap pengunjungnya.
Ketika sebuah pesan, file, dokumen berupa informasi dirasa sensitive atau nilai dari informasi tersebut menjadi sangat penting bagi user yaitu orang yang paling berhak menggunakan informasi tersebut. Informasi itu harus dirahasiakan dan perlu mendapat perlindungan. Keamanan data harus terjamin sehingga tidak sembarang orang yang bisa membukanya.
Sebagai contoh ; pengumpulan data-data prakerin SMK meliputi data-data pribadi antara lain ; nama, alamat, alamat e-mail, jenis kelamin, program keahlian, tingka/kelas, tempat lokasi prakerin, dan nomor telepon. Data-data tersebut diolah menjadi basis data sebagai bahan informasi praktek kerja industri luar negeri. Data-data tersebut sangat riskan bagi terjadinya pelanggaran hak privasi atas data pribadi, terutama apabila diluar sepengetahuan dan persetujuan subyek data maupun penguna data atas data-data pribadi yang dikumpulkan tersebut.
Authenticity adalah metode yang dipakai untuk menjaga data yang dikirim agar tetap utuh dan asli. Authenticity dipakai untuk membuktikan asli atau tidaknya sebuah dokumen atau pesan yang dipakai oleh user (orang yang berhak atas data tersebut). Pembuktian sebuah dokumen atau data ini asli atau tidak juga merupakan dasar untuk pelayanan keamanan pada kepentingan tertentu.
Sebuah pesan, file , dokumen atau kumpulan data yang lainnya dikatakan otentik jika asli dan berasal dari sumber yang terpercaya atau resmi. Otentik sebuah pesan merupakan suatu prosedur yang mengizinkan partisipan untuk memverifikasi bahwa pesan yang diterima otentik atau asli. Ada aspek penting dalam mensertifikasi sebuah pesan yaitu : apakah pesan tersebut belum diubah , apakah pesan tersebut otentik , apakah pesan tersebut sesuai batas waktu yang telah ditentukan ( belum ditunda dan digunakan )
Pada umumnya ada 3 pendekatan dalam penelitian suatu pesan atau data itu otentik atau asli dengan kelebihan dan keterbatasan yaitu : Pertama , partisipan menyediakan informasi yang hanya di ketahui , seperti password , pin atau identitas lainnya . Kedua , penggunaan peralatan yang dipakai oleh partisipan seperti printer , scanner dan lain – lain . Ketiga, menguji segala sesuatu yang mewakili partisipan seperti sidik jari atau bentuk lainnya, untuk pembuktian yang lebih kuat bisa menggabungkan beberapa pendekatan .
Autenticity memberikan dua layanan . pertama mengidentifikasi keaslian suatu pesan dalam memberikan jaminan ketertibannya . Kedua untuk menguji identitas seseorang apabila ia akan memasuki sebuah system .

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar