A. SURAT MASAL ( MAIL MERGE )
Mail Marge adalah fasilitas yang terdapat pada Ms. Word1 yang dipergunakan untuk membuat surat kepada beberapa penerima dengan isi surat yang sama. Terdapat 2 file yang dibutuhkan.
- File Utama/Master : Berisi formulir (Surat/Undangan) yang belum ada isinya.
- File Data : Berisi informasi daftar yang akan diisikan ke dokumen
tersebut (alamat tujuan).
* Langkah :
1. Membuat file dokumen sebagai master surat
2. Membuat File Data dengan cara sebagai berikut :
- Tools – Letters & Mailings – Mail Marge – Wizard, kemudian
Klik Use Current Document – Klik Next – Select Recipients – Klik Type a new list – Klik Create….
Delete ( untuk menghapus Field ) – Yes
Add… ( untuk menambah Field )
Jika sudah selesai klik OK lalu masukkan data-data yang akan dikirim (menambah data Klik New Entry ) pada kotak dialog New Address List
1. Menyisipkan data ke dokumen
Klik Insert Merge Fields pilih field yang sesuai – Insert – Close
<<abc>> : Untuk melihat hasil penggabungan lewat layar
2. Menggabungkan file data dengan file dokumen klik tool :
: Hasil gabung membuat dokumen baru ( Simpan dokumen ) tersebut
: Hasil gabung membuat dokumen baru ( Simpan dokumen ) tersebut
sebagai hasil gabungan.
: Hasil gabung akan dicetak langsung ke kertas.
A. MENCARI (FIND) DAN MENGGANTI (REPLACE)
Untuk mencari dan mengganti kata secara cepat
Caranya :
- Klik EDIT – REPLACE
Pada Search Option *)
Pilih Search : Untuk menentukan metode pengganti : ALL ( Semua ), UP ( Semua naskah yang berada diatas kursor ), DOWN ( Semua naskah yang berada dibawah kursor )
Klik Replace All jka diganti seluruh document.
*) Match Case : Mengganti teks dengan bentuk huruf sama persis
seperti yang ditulis pada find what.
Find Whole Word1 Only : Mengganti teks secara utuh ( satu kata utuh ).
Sound Like : Mengganti teks yang memiliki suara yang sama
dalam ucapanya.
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer
0 komentar:
Posting Komentar