Selamat Datang

Pengikut

materi kelas 9 : PERANGKAT LUNAK DAN BEBERAPA PROGRAM APLIKASI

Senin, 14 Februari 2011

PERANGKAT LUNAK DAN BEBERAPA PROGRAM APLIKASI

Komputer hanyalah sekedar mesin yang tidak dapat melakukan tugas yang dikehendaki pemakai sekiranya tanpa didukung oleh perangkat lunak (software). Pada materi sebelumnya anda sudah mengenal berbagai macam perangkat keras (hardware) sebuah komputer. Apa hubungan antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)? Keberadaan perangkat lunak atau software sangatlah penting. Tanpa perangkat lunak sebuah computer yang hanya terdiri dari hardware saja tidak dapat difungsikan.
Jadi perangkat lunak atau software merupakan instruksi yang tersimpan di dalam disk atau CD ROM. Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. Program adalah deretan instruksi atau perintah yang digunakan untuk mengendalikan computer, sehingga computer memenuhi kebutuhan pemakai. Program umumnya dibuat oleh vendor perangkat seperti Microsoft, Linux, dan lainnya maupun yang dibuat oleh perorangan yang menguasai bahasa pemrograman.
Secara lebih spesifik software berfungsi untuk keperluan;
a. mengindentifikasi program,
b. mengatur dan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien, dan
c. menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh computer lebih terkontrol.

1. Macam-macam Perangkat Lunak dan Fungsinya
Perangkat lunak juga disebut piranti lunak adalah program computer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras.
Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna computer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras.
Program computer atau sering kali disebut sebagai program, merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa progam tertentu dan telah ter-install di dalam computer. Program computer merupakan contoh perangkat lunak computer yang menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh computer. Komputasi ini biasanya dilaksanakan bedasarkan suatu algoritma atau urutan perintah tertentu. Urutan perintah atau algoritma merupakan suatu perangkat yang sudah termasuk dalam program computer tersebut. Tanpa algoritma tersebut program computer tak dapat berjalan dengan baik.
Bedasar fungsi tersebut, perangkat lunak atau operating system merupakan penengah antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang telah dibuat oleh pengguna computer.
a. System operasi
System operasi merupakan bagian terpenting dari sebuah computer, system operasi berperan sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. System operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akseskepada system file.
Operating system (OS) diperkenalkan pertama kali dan dikembangkan untuk computer IBM 701 pada tahun 1945. tujuan utama dari OS adalah untuk mengurangi waktu menganggur (idle time) dari CPU dan digunakan untuk menjalankan beberapa tugas computer bersama-sama dengan cara dikumpulkan terlebih dahulu.
Fungsi utama system operasi (Agung setiawan, 2003) adalah sebagai berikut.
1. menyimpan program dan aksesnya.
2. membagi tugas di dalam CPU
3. merekam sumber data
4. mengatur memori termasuk menyimpan, menghapus, dan mendapatkan data
5. memeriksa kesalahan system
6. memelihara keamanan system khusus pada jaringan yang memerlukan password (kata kunci)

System operasi-sistem operasi utama yang digunakan computer system umum (termasuk PC, computer personal) terbagi menjadi beberapa kelompok besar di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Ms-DOS (Microsoft Disk Operating Sistem) dan PC-DOS (Personal Computer Disk Operating Sistem)
DOS merupakan system operasi yang awalnya dipakai pada IBM PC (disebut dengan PC-DOS) dan PC yang compatible dengan IBM PC (disebut dengan Ms-DOS).
2. Windows
System operasi dengan antar muka grafis yang dibuat oleh Microsoft memiliki kemampuan multitasking dan dapat digunakan untuk membentuk kerja tim (work group) dengan membuat jaringan sederhana, serta dapat digunakan sebagai klien dalam client/server.
Penanganan dalam proses system operasi dikenal beberapa istilah, seperti multiprogramming, multitasking, penyimpanan virtual, time sharing, dan multiprocessing.
3. Novell NetWare
4. OS/2
5. UNIX
6. Linux

b. bahasa pemrograman
Perangkat lunak bahasa pemrograman (language software) merupakan program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program kedalam bahasa mesin (machine language), sehingga dapat diterima dan dimengerti oleh computer.
Penerjemah bahasa pemrograman dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu assembler, compiler, interpreter.
1. bahasa mesin
Bahasa mesin termasuk ke dalam bahasa tingkat rendah (low level language) karena sifat dari bahasa mesin lebih berorientasi pada mesin.
2. Bahasa assembly
Bahasa assembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan.
3. Bahasa tingkat tinggi
Bahasa tingkat tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang, bahasa pemrograman yang termasuk dalam bahasa tingkat tinggi adalah sebagai berikut.
a. BASIC (beginners All-purposes Simbolic Instruction Code)
b. LOGO
c. COBOL
d. PASCAL
e. Fortran (Formula Translator)
f. Algol (Algoritma language)
g. PL/1 (Programming Languange)
h. RPG (Report Programming Languange)
i. APL (Aritmathic Programming Languange)

C. Perangkat lunak utility
Utility adalah program yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumberdaya system, misalnya untuk memformat disket.

1. Memformat disk
Memformat disk adalah tindakan yang dilakukan untuk menyiapkan disket atau hardisk agar dapat digunakan untuk menyimpan data atau program.
2. Defragmenter disk
Defragmentasi adalah suatu cara untuk menghilangkan fragmentasi.
3. Program anti virus
Virus adalah penggalan kode yang dapat menggandakan dirinya sendiri.
4. Program Pencadangan
Pencadangan (back up) artinya menyalin program atau data yang terdapat pada hardisk computer.

2. Program Paket (Perangkat Lunak Aplikasi)
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak computer yang memanfaatkan kemampuan computer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
Bedasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat digolongkan pada perangkat lunak komersial, perangkat lunak domain public, shareware, freeware, dan rentalware.
Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain sebagai berikut.
a. Perangkat lunak perusahaan (enterprise)
b. Perangkat lunak infrastruktur perusahaan (bisnis)
c. Perankat lunak media dan hiburan
d. Perangkat lunak pendidikan
e. Perangkat lunak pengembangan media
f. Perangkat lunak rekayasa produk
g. Perangkat lunak informasi dan produktivitas kerja

1. Software Pengolah Kata (Word Processing)
Word processing atau pengolah kata adalah kelompok perangkat lunak yang fungsi utamanya adalah untuk membuat dokumen.
Pengolah kata seperti Word mendukung fitur spellingchecker, grammarchecker, thesaurus.
• Spellingchecker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan ejaan
• Grammarchecker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan pada tata bahasa
• Thesaurus digunakan untuk mencarikan padanan kata

2. Software Pengolah Angka (Spreadsheet)
Spreadsheet dilengkapi dengan fasilitas untuk menyajikan data dalam bentuk grafik. Berbagai macam jenis grafik seperti diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis dapat anda pilih dengan mudah.

3. Software Pengolah Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar , dan page layout. Software pengolah grafis adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah berbagai macam gambar/grafik.

4. Software Presentasi Grafik
Program perangkat lunak presentasi grafik berguna untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksanakan presentasi. Apabila anda menggunakan perangkat lunak ini untuk melakukan presentasi dengan menghubungkan computer ke proyektor LCD dan menayangkan keluaran proyektor LCD ke layar presentasi, banyak fitur lain yang dapat anda libatkan.

Keempat software atau perangkat lunak yang dijelaskan pada uraian di atasmerupakan perangkat lunak yang sangat berguna dan selalu digunakan oleh manusia untuk berbagai macam keperluan. Jadi, dapat dikatakan bahwa perangkat lunak seperti contoh diatas tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar