Selamat Datang

Pengikut

materi kelas 7 :TAHURI

Selasa, 08 Februari 2011


TAHURI
Tahuri adalah terompet kerang khas Maluku , masyarakat Maluku yang tinggal di pesisir pantai memiliki peralatan musik yang unik, yaitu sebuah kerang yang jika di tiup bunyinya akan terdengar nyaring . Kegunaan tahuri madalah untuk memanggil masyarakat/para kepala aday agar berkumpul di balai pertemuan/masyarakat.


KULKUL
Kulkul adalah salah satu alat komunikasi tradisional yang masih lestari di Denpasar dan Bali kulkul yang biasa disebut kentongan pun terdapat hampir di seluruh pelosok daerah di seluruh Indonesia . Kulkul terbuat dari bahan kayu / bambu , fungsinya untuk menandakan adanya pertemuan rutin, pengerahan tenaga kerja / adanya gejala alam . Lain halnya dengan handphone , cape kan kalau harus menelepon masyarakat satu persatu hanya untuk memberi tahu ada pertemuan . Hampir semua keluarga di Bali disertai dengan kulkul .
Ada 4jenis kulkul yang di kenal di masyarakat Bali : 1. Kulkul Dewa 2. Kulkul Bhuta 3. Kulkul Manusa 4. Kulkul Hiasan

KENTONGAN
Kentongan atau Jidor adalah alat pemukul yang terbuat dari batang bambu atau batang kayu jati yang di pahat . Kegunaanya sebagai alat pendamping ronda untuk memberitahukan adanya pencuri / bencana alam dan sebagai pemanggil masyarakat untuk ke masjid bila jam shalat telah tiba . Kentongan masih banyak kita temui dalam masyarakat modern , namun fungsi kentongan sebagai alat komunikasi tradisional memiliki sejumlah kekurangan yang menyebabkan tergesernya kentongan tersebut dengan teknologi modern.

ASAP

Suku bangsa Indian Amerika menggunakan asap sebagai alat untuk komunikasi dengan sukunya ataupun kepada suku lainnya . Kepulan asap digunakan untuk memberi tahu kepada masyarakat sekitar jika ada bencana / pencuri .



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar